Kamis, 29 Agustus 2013

Profil Akbid Sakinah

  PROFILAKADEMI KEBIDANAN SAKINAH
Jl. Raya Surabaya – Malang KM.42Kepulungan Gempol Pasuruan67155Telp/Fax. (0343) 634844 - 635177

 
  Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan
1.VisiTerwujudnya Pendidikan Kesehatan yang berkualitas dan mampu menghasilkan AhliMadya di Bidang Kesehatan ( Tenaga Kesehatan Profesional Pemula ) yang memilikiSikap Profesional, Nasional dan Etik serta Jiwa Wirausaha.
 2.MisiMembentuk Karakter calon Tenaga Kesehatan Setingkat Ahli Madya yang memilikisemangat belajar dan etos kerja yang tinggi, kemandirian dalam melaksanakan tugas pokoknya dan kreatif, berbudi luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 
3.Tujuan Pendidikana.Mengembangkan Proses belajar mengajar di bidang Kesehatan b.Melakukan dan mengembangkan pengkajian IPTEK dalam bidang kesehatan di bidang kebidananc.Melakukan dan mengembangkan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan sesuaidengan kebutuhan.d.Melakukan dan mengambangkan kegiatan informasi dan inovasi dalam bidangkesehatan.e.Mengembangkan kerjasama dengan institusi pemerintah, swasta dan masyarakatuntuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia.


Kebijakaan Jenjang Pendidikan Tinggi
Untuk pencapaian tujuan tersebut diatas, maka kebijakan pendidikan di AkademiKebidanan Sakinah adalah sebagai berikut : 
1.Peningkatan mutu Pendidikan
Pendidikan tenaga Bidan dilakukan dengan memperhatikan perkembangan pelayanan dan program pembangunan di setiap sector Industri melalui pendekatan teknologi danPendekatan Pasar (User). Mutu pendidikan Tenaga Kesehatan ditingkatkan agar kelulusannya dapat siap dimanfaatkan di dalam kegiatan pembangunan masyarakat.
 2.Pembinaan PendidikanPerencanaan pendidikan tenaga kesehatan disusun berdasarkan masalah yang nyata dankebijaksanaan pembangunan. Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan berdasarkanrencana program pendidikan. Kurikulum dan pedoman-pedoman lainnya yang ditetapkan.Penyelenggaraan pendidikan memiliki keterkaitan erat dengan kegiatan pelayanankesehatan.Kegiatan supervisi merupakan bagaian pembinaan pendidikan tenaga kesehatanditingkatkan pelaksanannya.Pengendalian dan pengawasan pendidikan ditingkatkan agar penyelenggaraan yangdilakukan tetap berada pada garis kebijaksanaan pembangunan. 
3.Pembinaan Tenaga pendidikan dan kependidikan lainnyaKualitas tenaga pendidik ditingkatkan guna mendukung kualitas pendidikan sertameningkatkan citra harkat dan martabat pendidikan, antara lain melalui pendidikan, pelatihan dan penyelenggaaraan yang dilakukan sebagaai proses yang berkelanjutan.
4 .Pengembangan kurikulumKurikulum disemua jenis dan jenjang pendidikan dikembangkan dan diperkaya secara berkala sesuai dengan perkembangan IPTEK, perkembangan jaman dan tuntutan pembangunan. Selain itu kurikulum diperkaya dengan muatan lokal yang sesuai dengankebutuhan dan perkembangan daerah setempat
 5.Pengembangan material PendidikanPenulisan dan penerjemahan serta penggadaan buku pelajaran, buku bacaan, serta bukuilmiah lainnya yang bermutu diarahkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan danmemperluas cakrawala berpikir serta menumbuhkan budaya baca dan belajar mandiri peserta didik. Secara berkala dilakukan penilaian terhadap bahan ajaraan. Sementara itumateri buku pelajaran terus dimanfaatkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
 nn
 6.Pembinaan sarana dan fasilitas pendidikanDalam rangka upaya peningkatan kualitas dan efektifitas serta efisiensi pendidikan, penyediaan sarana dan prasarana serta fasilitas pendidikan ditingkatkan, baik jumlahmaupun mutunya disemua jenis dan jenjang pendidikan. Sarana dan fasilitas pendidikaanyang telah disediakan dipelihara agar tidak cepat rusak dan dirawat dengan baik untuk meningkatkan daya guna.
  7.Peningkatan peran serta masyarakat termasuk dunia usahaPeran serta masyarakat termasuk dunia usaha dalam penyelenggaraan pendidikanditingkatkan antara lain dengan mengembangkan mekanisme kerja sama yang salingmenguntungkan bagi peserta didik dan lembaga pendidikan masyarakat dan dunia usaha.Hubungan yang lebih erat antara institusi pendidikan dan masyarakat dibina dandikembangkan, terutama dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Dunia usahadidorong untuk turut membantu penyelenggaraan pendidikan dan penyediaan beasiswakepada peserta didik berprestasi tetapi tidak mampu memberi bantuan tenaga kerja praktek dan penelitian. 
8 .Peningkatan hubungan lintas program dan sektoPendidikan tenaga kesehatan perlu didukung oleh berbagai factor dan program. Sebab pendidikan tenaga kesehatan terkait dengan kebutuhan tenaga dan pendayagunaan tenagakesehatan. Oleh karena itu hubungan dengan sector dan program terkait jugaditingkatkan.9.Peningkatan efisiensi, efektifitas dan produktifitas pendidikanPeningkatan efisiensi, efektifitas dan produktifitas pendidikan tenaga kesehatanditingkatkan pada semua jenis dan jenjang pendidikan termasuk peningkatan kemampuandan penyempurnaan perencanaan terpadu, administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pengorganisasian, hubungan luar negeri, hukum dan ketatausahan.Penelitian dan pengembangaan kebijaksanan, pengelolaan dan penyajiaan informasi, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan dan pengujian ditingkatkan pula.Pendidikan tenaga kesehatan tergantung kepada semua pihak termasuk yayasan sebagai pemilik institusi pendidikan kesehatan itu sendiri
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar